Tuesday 29 August 2017

Ketahanan Nasional Paling Lengkap


Hallo gaes, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Ketahanan Nasional yang saya pelajari. Untuk itu mari kita simak penjelasannya di bawah ini
1. Pemahaman umum
Sebagaimana dipahami, dibentuknya sebuah negara pasti mempunyai tujuan tertentu yang merupakan idealisme para foundingfathers-nya. Secara umum, ujuan terbentuknya sebuah negara adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyatnya dalam arti luas. Bahasanya bisa beragam. Tujuan nasional Indonesai terpatri dalam UUD 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Pada dasarnya, di dalam upaya mencapai tujan nasional itu, setiap bangsa melakukan aktivitas yang secara berencana dan berkelanjutan. Aktivitas itu disesuaikan dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki bangsa yang bersangkutan dalam arti luas pula. Aktivitas untuk mencapai tujuan nasional itu disebut pembangunan nasional diselenggarakan disegala bidang dengan berpedoman kepada wawasan nasionalnya yang memandang negara dan bangsanya sebagai satu kesatuan yang utuh.
Didalam melakukan pembangunan tersebut, sebagai konseksuensi yang wajar , langsung atau tidak langsung selalu akan menghadapi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan. Untuk menghadapi hal itu, secara almiah setiap bangsa selalu menyadari urgensinya memiliki ketahanan, daya tahan, keuletan, dan ketangguhan. Manfaatnya adalah untuk mengatasi hakikat ancaman tersebut sehingga program nasionalnya tetap dilaksanakan samapai tercapainya tujuan nasional.
Simpulnya, ketahanan, keuletan, dan ketangguhan suatu bangsa untuk mengatasi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dalam bahasa sederhana merupaakan hakikat ancaman itulah yang dinamakan Ketahanan Nasional.

2. Latar Belakang Urgensinya Konsepsi Ketahanan Nasional
Pada dasarnya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang dihadapi oleh setiap bangsa dalam perjalannan sejarahnya selalu berubah. Hal itu secara alamiah terjadi sesuai situasi dan kondidi alam serta ilmu pengetahuna dan tekhnologi yang terus menerus berkembang dinamis. Demikian pula, cara menyikapi bangsa mempunyai semacam kiatnya masing-masing.
Pada umumnya suatu bangsa dapat mengatasi setiap hakikat yang di hadapi tersebut berdasarkan potensi yang dimiliki. Dengan kemampuan itulah kejayaan, harga diri, kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dan negaranya tetap dapat dipertaruhkan dalam rangka mencapi tujuan nasional secara umum adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat.
Dalam pengalaman sejarah suatu bangsa ternyata diperlukan upaya dari seiap bangsa untuk memelihara dan meningkatnya ketahanan, keuletan dan ketangguhan tersebut. Tujuannnya agar dapat berfungsi sebagai balance atau mengimbangi perubahan dalam ancamaan, gangguan, tantangan, dan hambatan yang dihadapai demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dan negara.
3. Pengertian
a. Ketahanan nasional
Pengertian pertahanan nasional menurut para ahli:
1) Sumarno
Ketahanan Nasional adalah kondisi di mana bangsa yang mencakup semua aspek kehidupan nasonal terintegrasi.
2) Harjomataram
Pertahanan Nasional adalah daya tahan suatu bangsa untuk mengembangkan kekuatan nasional untuk menghadapi semua tantangan dari dalam atau di luar, langsung atau tidak langsung, yang dapat membahayakan naasional hidup.

3) Suradinata dan Kaelan
Keamanan nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu negara yang memiliki kemampuan dan ketangguhan dan mampu mengembangkan kekuatan nasional di nghadapi dan mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datang dari luar atau dalam negeri, baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat membahayakan integrasi , identitas dan kelangsungan bangsa hidup dan negara dalam menjaga tujuan nasional.
Ketahanan nasional juga dapat diartikan yaitu, konsepsi pengaturan dan penyelenggaraan sistem kehidupan nasional, oleh karenya ia merupakan upaya menciptakan kondisi sistem kehidupan nasional.
Dapat disimpulkan bahwa Ketahanan nasional adalah kondisi dimana bangsa meliputi seluruh aspek kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan yang mengnadung kemampuan mengembangkan ketahanan nasional dalam mengatasi dan menghadapi ancaman, tantangan, gangguan, dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maaupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsunganhidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional.
Konsep ketahanan nasional sebagai berikut :
a. Ketangguhan
Ketangguhan adalah kekuatan yang menyebabkan seorang, sekelompok orang atau sesuatu dapat bertahan, kuat menderita atau kuat menanggulangi beban.


b. Keuletan
Keuletan adalah usaha yang dilakukan secara giat dengan kemampuan keras didalam menggunakan segala kemampuan kecakapan dan keuletannya untuk mencapai tujuan dan cita-cita.
c. Identitas
Identitas adalah cirri khas suatu negara dilihat secara kesleuruhan (holistic) yatu negara yang dibatasi oleh wilayah, pendudukan, sejarah, pemerintahan dan tujuan nasionalnya serta peranan yang dimainkannya di dalam dunia internasional.
d. Integritas
Integritas adalah kesatuan yang menyeluruh di dalam kehidupan nasional suatu bangsa, baik sosial, alamiah, potensi maupun fungsional.
e. Ancaman
Ancaman merupakan hal atau usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan dan dilakukan secara konsepsional kriminal serta politis .
f. Tantangan
Tantangan adalah hal atau usaha yang bertujuan atau bersifat menggugah kemampuan dalam segala bentuknya.
g. Hambatan
Hambatan merupan hal atau usaha yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secar tidak konsepsional yang berasal dari diri sendiri.
h. Gangguan
Gangguan adalah hambatan yang berasal dari luar yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional.



4. Fungsi Ketahanan Nasional
Ketahanan nasional mempunyai fungsi, sebagai doktrin nasional, pola dasar pembangunan nasional, metode pembinaan kehidupan nasional dan sistem kehidupan nasional.
a) Ketahanan nasional ssebagai doktrin pada dasarnya suatu ajaran yang diyakini kebenarannya, diikuti dan didalami yang berfungsi membimbing kita dalam pola pikir, pola tindak, dan pola kerja guna mempersatupadukan usaha bersama bangsa dalam pembangunan. Oleh karena itu, sebagai doktrin ketahanan nasional itu perlu dimasyarakatkan dan dibudayakan karena ia juga merupakan implementasi Pancasila, UUD 1945 dan Wasantara.
b) Ketahanan nasional sebagai pola dasar pembangunan nasional pada hakikatnya memeberi arah, pedoman, dalam pembangunan melelui tahapan-tahapan pembangunan (repelita).
c) Ketahanan nasional sebagai metode pembinaan kehidupan nasional, dalam upaya pembinaan kehidupan nasional, ketahanan nasional menggunakan pendekatan konprehesif integrasi (utuh menyeluruh) dalam aspek kehidupan bangsa tersebut yang mencakup delapan gatra (Astagatra). Kelemahan pada salah satu gatra dapat mengakibatkan kelemahan pada gatra lainnya sehingga mempengaruhi kondisi keseluruhan. Ketahanan nasional merupakan resultante (hasil) dari ketahanan masing-masing gatra atau aspek kehidupan (Astagatra). Dari konsepsi dasar ini maka jelaslah bahwa ketahanan nasinal itu, meliputi masa damai dan masa perang.
d) Ketahanan nasional sebagai sistem kehidupan ansional, adalah tata uapaya bangasa yang telah dilakukan dalam melaksanaka pembangunan nasional sebagai aspirasi bangsa dalam meningkatkan kesejahteraan dan keamanan, untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa, menjaga kejayaan bangsa dan negara.

Semoga info ini bermanfaat,,, aamiin... 

No comments:

Post a Comment